Beberapa Judul SKRIPSI

Senin, 12 Oktober 2009

1. ANALISA DAN PERANCANGAN SISTEM PENGISIAN FORMULIR RENCANA STUDI SECARA ONLINE DI STIMIK PERBANAS

A. RUMUSAN MASALAH
Dalam pelaksanaan selama ini, pengisian Formulir Rencana Studi masih menggunakan sistem manual, yaitu mahasiswa mengisi formulir yang diambil dari petugas, kemudian antri di loket penyerahan formulir apabila formulir tersebut telah disetujui oleh Penasihat Akademik. Apabila semua kelas yang diambil masih kosong, maka mahasiswa tersebut akan mendapat tanda pengesahan, namun apabila ternyata kelas yang ingin diambil sudah penuh, maka mahasiswa tersebut harus menyusun ulang jadwalnya kemudian kembali mengantri di loket penyerahan formulir untuk meminta tanda pengesahan, apabila kelas yang dipilih ternyata sudah penuh lagi, maka mahasiswa tersebut harus mengatur ulang jadwalnya kemudian mengantri lagi di loket penyerahan, begitu seterusnya. Hal ini sangatlah membuangbuang waktu, karena setiap ada kelas yang penuh mahasiswa harus mengantri ulang dari awal, antrian ini merupakan antrian yang panjang, terutama bagi mahasiswa jurusan Sistem Informasi, karena mahasiswa jurusan tersebut sangatlah banyak. Hal tersebut juga membuat petugas penerima besar kemungkinan untuk menjadi kurang teliti karena banyaknya mahasiswa yang harus dilayani, hal ini memungkinkan terjadinya kesalahan mermasukkan data ketika proses memasukkan data ke database. Apabila menggunakan sistem online, mahasiswa dapat memilih sendiri matakuliah yang diinginkannya secara langsung melalui komputer-komputer yang tersedia di laboratorium, warnet bahkan dari rumah masing-masing. Dengan pengisian langsung, apabila ada kelas yang telah penuh, maka sistem akan secara otomatis menolak, dan mahasiswa tersebut dapat langsung merubah jadwalnya pada saat itu juga, tanpa perlu mengantri ulang. Sistem juga akan otomatis menolak apabila mahasiswa tersebut memilih mata kuliah yang mata kuliah prasyaratnya belum lulus. Dengan sistem online ini, berarti akan berkurangnya kesalahan dalam proses memasukkan data, karena mahasiswa memasukkan datanya masing-masing.


BATASAN MASALAH
Penelitian ini memiliki batasan/ruang lingkup penelitian yang mencakup :
- Peninjauan ulang sistem pengisian Formulir Rencana Studi yang sekarang berjalan.
- Pembuatan database dalam format MySql untuk mendukung sistem pengisian Formulir Rencana Studi secara online.
- Pembuatan skrip-skrip yang diperlukan dalam proses pengisian Formulir Registrasi Mahasiswa dengan bahasa pemrograman PHP.
- Sistem pengisian Formulir Rencana Studi online yang dibuat mencakup proses sejak mahasiswamenukarkan bukti pembayaran, sampai mahasiswa mendapatkan bukti pengisian Formulir Rencana Studi.
- Tugas akhir ini tidak mambahas mengenai perangkat keras yang dibutuhkan
oleh sistem pengisian Formulir Rencana Studi online.
- Tugas akhir ini beranggapan bahwa STIMIK Perbanas sudah memiliki jaringan komputer untuk mendukung sistem pengisian Formulir Rencana Studi online, oleh karena itu tidak lagi dibahas mengenai jaringan komputer.


0 komentar:

Posting Komentar